Keseruan Uji Kompetensi Fotografi Disbudpar Jabar

News  

KANGJEPRET, BANDUNG -- Standardisasi profesi telah menjadi salah satu standar beberapa jenis industri. Tidak terkecuali industri kreatif. Profesi fotografer sebagai salah satu profesi industri kreatif pun menerapkan standardisasi ini.

Penguji dari Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia Deni Sugandi (kanan) menguji salah seorang peserta uji kompetensi Ujang Sulaeman (kiri) di Gedung Bandung Creative Hub, Bandung, Kamis (16/3/2023). Uji kompetensi fotografer ini digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. (Foto: Yogi Ardhi/KangJepret)

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung bidang Ekonomi Kreatif menggelar Uji Kompetensi Fotografer di Gedung Bandung Creative Hub, Kamis (16/3/2023). Ujian ini tahap akhir dari rangkaian tiga hari sebelumnya berupa pembekalan.

Peserta ujian mengerjakan tugas dari penguji di Gedung Bandung Creative Hub, Bandung, Kamis (16/3/2023). Uji kompetensi fotografer ini digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. (Foto: Yogi Ardhi/KangJepret)

Untuk penyegaran peserta memperoleh pembekalan materi fotografi mulai dari hal bersifat teknis hal non teknis. Hal yang sebenarnya telah lama digeluti oleh sebagian besar peserta.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wawancara dan ujian praktek pada Uji Kompetensi Fotografi Level 3 di Gedung Bandung Creative Hub, Bandung, Kamis (16/3/2023). Uji kompetensi fotografer ini digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. (Foto: Yogi Ardhi/KangJepret)

Sebagai uji kompetensi bagi profesi fotografi pembekalan membahas materi model bisnis berbasis fotografi.

Untuk saat ini standardisasi profesi fotografer ini berada di Level 3. Level tertinggi tahap operator setara dengan strata pendidikan tinggi Diploma 1.

Siluet peserta uji kompetensi pada kegiatan Uji Kompetensi Fotografi di Gedung Bandung Creative Hub, Bandung, Kamis (16/3/2023). Uji kompetensi fotografer ini digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. (Foto: Yogi Ardhi/KangJepret)

Kegiatan ini diikuti 30 peserta hasil seleksi pelamar dari 21 kecamatan di Kota Bandung. Pemilihan peserta wajib ber-KTP Kota Bandung. Mereka berasal dari berbagai latar mulai dari profesional, difabel, entrepeneur, jurnalis hingga pehobi.

Peserta uji kompetensi fotografi Argentino dan Bayu Satrio menunggu giliran ujian di Gedung Bandung Creative Hub, Bandung, Kamis (16/3/2023). Uji kompetensi fotografer ini digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. (Foto: Yogi Ardhi/KangJepret)
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Engagement Officer, Photo Enthusiast, Visual Story-Teller, Former Lecturer, Casual Angler

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image