Demo Tolak Revisi UU Pilkada di DPRD Jabar Berakhir Rusuh

News  
Kabut asap gas air mata mengepul saat aksi menolak revisi UU Pilkada oleh DPR RI di depan Gedung DPRD Jawa Barat di Jalan Diponegoro, Bandung, Kamis (22/8/2024). Meski sejak sore DPR RI telah menyatakan batal meresmikan revisi UU Pikada namun demo penolakan terus berlangsung dan berakhir rusuh. (Foto: Yogi Ardhi/Republika Network) (Kamera: Nikon D3, Lensa Nikkor AF 28/2.8 D)

BANDUNG -- Aksi penolakan revisi UU Pemilihan Kepala Daerah oleh DPR RI di Gedung DPRD Jawa Barat Jl Diponegoro Bandung, Kamis (22/8/2024) berakhir ricuh. Ratusan massa merangsek kedalam gedung wakil rakyat setelah merobohkan gerbang gedung. Mereka terus melemparkan berbagai benda ke arah gedung DPRD Jabar.

Aparat kepolisian yang berada di dalam gedung tidak berdiam diri. Mereka merangsek dengan pasukan anti pengendalian massa lengkap dengan tameng memukul mundur massa. Setelah upaya himbauan untuk membubarkan diri tidak berhasil. Polisi melepaskan tembakan gas air mata.

Upaya ini cukup berhasil. Massa kocar-kacir menghindari terpaan gas air mata yang menyesakkan di depan gedung DPRD Jabar. Mereka mundur ke arah jalan Trunojoyo dengan membangun barikade dan membakar benda di tengah jalan menggunakan barang yang ada di jalan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Polisi terus memukul mundur massa hingga terus ke arah Jalan Dago. Sementara massa berkumpul di daerah Jl Ranggamalela. Massa bergerak mundur dengan tetap membuat barikade dengan menggunakan sampah, batu boulder bulat di trotoar hingga menjatuhkan pot ke tengah jalan.

Pasukan dalmas merangsek ke luar gedung saat aksi menolak revisi UU Pilkada oleh DPR RI di depan Gedung DPRD Jawa Barat di Jalan Diponegoro, Bandung, Kamis (22/8/2024). Meski sejak sore DPR RI telah menyatakan batal meresmikan revisi UU Pikada namun demo penolakan terus berlangsung dan berakhir rusuh. (Foto: Yogi Ardhi/Republika Network) (Kamera: Nikon D700, Lensa Nikkor AF 80-200/2.8 ED).
Massa balik merangsek ke dalam gedung DPRD Jawa Barat saat aksi menolak revisi UU Pilkada oleh DPR RI di depan Gedung DPRD Jawa Barat di Jalan Diponegoro, Bandung, Kamis (22/8/2024). Meski sejak sore DPR RI telah menyatakan batal meresmikan revisi UU Pikada namun demo penolakan terus berlangsung dan berakhir rusuh. (Foto: Yogi Ardhi/Republika Network) (Kamera: Nikon D3, Lensa Nikkor AF 80-200/2.8 ED).
Massa aksi melancarkan provokasi ke arah pasuka dalmas saat aksi menolak revisi UU Pilkada oleh DPR RI di depan Gedung DPRD Jawa Barat di Jalan Diponegoro, Bandung, Kamis (22/8/2024). Meski sejak sore DPR RI telah menyatakan batal meresmikan revisi UU Pikada namun demo penolakan terus berlangsung dan berakhir rusuh. (Foto: Yogi Ardhi/Republika Network) (Kamera: Nikon D3, Lensa Nikkor AF 80-200/2.8 ED).
Massa aksi membangun barikade saat aksi menolak revisi UU Pilkada oleh DPR RI setelah mundur dari depan Gedung DPRD Jawa Barat di Jalan Trunojoyo, Bandung, Kamis (22/8/2024). Meski sejak sore DPR RI telah menyatakan batal meresmikan revisi UU Pikada namun demo penolakan terus berlangsung dan berakhir rusuh. (Foto: Yogi Ardhi/Republika Network) (Kamera: Nikon D3, Lensa Nikkor AF 28/2.8 D).
Massa aksi membangun barikade saat aksi menolak revisi UU Pilkada oleh DPR RI setelah mundur dari depan Gedung DPRD Jawa Barat di Jalan Trunojoyo, Bandung, Kamis (22/8/2024). Meski sejak sore DPR RI telah menyatakan batal meresmikan revisi UU Pikada namun demo penolakan terus berlangsung dan berakhir rusuh. (Foto: Yogi Ardhi/Republika Network) (Kamera: Nikon D3, Lensa Nikkor AF 28/2.8 D)
Massa aksi membangun barikade saat aksi menolak revisi UU Pilkada oleh DPR RI setelah mundur dari depan Gedung DPRD Jawa Barat di Jalan Trunojoyo, Bandung, Kamis (22/8/2024). Meski sejak sore DPR RI telah menyatakan batal meresmikan revisi UU Pikada namun demo penolakan terus berlangsung dan berakhir rusuh. (Foto: Yogi Ardhi/Republika Network) (Kamera: Nikon D3, Lensa Nikkor AF 80-200 ED f/2.8 D).
Pasukan Dalmas bersiap membubarkan massa saat aksi menolak revisi UU Pilkada oleh DPR RI setelah mundur dari depan Gedung DPRD Jawa Barat di Jalan Trunojoyo, Bandung, Kamis (22/8/2024). Meski sejak sore DPR RI telah menyatakan batal meresmikan revisi UU Pikada namun demo penolakan terus berlangsung dan berakhir rusuh. (Foto: Yogi Ardhi/Republika Network) (Kamera: Nikon D3, Lensa Nikkor AF 28/2.8 D)
Seorang personel pasukan Dalmas memotret ke arah massa saat aksi menolak revisi UU Pilkada oleh DPR RI setelah mundur dari depan Gedung DPRD Jawa Barat di Jalan Trunojoyo, Bandung, Kamis (22/8/2024). Meski sejak sore DPR RI telah menyatakan batal meresmikan revisi UU Pikada namun demo penolakan terus berlangsung dan berakhir rusuh. (Foto: Yogi Ardhi/Republika Network) (Kamera: Nikon D700, Lensa Nikkor AF 80-200/2.8 ED).
Pasukan Dalmas bergerak membubarkan massa saat aksi menolak revisi UU Pilkada oleh DPR RI setelah mundur dari depan Gedung DPRD Jawa Barat di Jalan Trunojoyo, Bandung, Kamis (22/8/2024). Meski sejak sore DPR RI telah menyatakan batal meresmikan revisi UU Pikada namun demo penolakan terus berlangsung dan berakhir rusuh. (Foto: Yogi Ardhi/Republika Network) (Kamera: Nikon D3, Lensa Nikkor AF 28/2.8 D)
Aparat tanpa seragam mengaman seseorang yang diduga massa aksi saat membubarkan aksi menolak revisi UU Pilkada oleh DPR RI setelah mundur dari depan Gedung DPRD Jawa Barat di Jalan Trunojoyo, Bandung, Kamis (22/8/2024). Meski sejak sore DPR RI telah menyatakan batal meresmikan revisi UU Pikada namun demo penolakan terus berlangsung dan berakhir rusuh. (Foto: Yogi Ardhi/Republika Network) (Kamera: Nikon D700, Lensa Nikkor AF 80-200/2.8 ED).
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Photo Enthusiast, Visual Story-Teller, Former Lecturer, Casual Angler

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image